Sabtu, 12 Februari 2011

Pertempuran Pearl Harbour


Ide penyerangan Pearl Harbour mulai terbentuk untuk menghancurkan AL Amerika Serikat di Pasifik untuk sementara. Jepang sangat berhati hati dalam menyusun rencana seperti membuat torpedo terbaik agar dapat melewati perairan yang dangkal dan  menyebar mata mata ke penjuru Pearl Harbour untuk mengetahiu seluk beul Pearl Harbour hingga matang.

Akhirnya operasi pun dimulai dengan diawali pada berangkatnya enam kapal induk jepang tanggal 26 November 1941 dengan dikawal beberapa kapal-kapal penjelajah maupun destroyer menuju Pearl Harbour tanpa hubungan radio langsung apapun untuk bertujuan agar rencana besar Jepang ini tidak sampai bocor ke tangan AS.


Pagi 7 Desember 1941 kapal induk Jepang mulai melepaskan beberapa pesawat kelas Zero atau Zeke nya menuju Pearl Harbour, serangan udara ini berhasil tersamarkan dengan baik walaupun keberadaan pesawat Jepang ini sudah terlacak keberadaanya itu disebabkan karena pihak Amerika  mengira apa yang terlacak di radar tersebut adalah pesawat B 17 milik Amerika alhasil pesawat Jepang ini dapat meringsek maju ke Pearl Harbour dengan tanpa perlawanan besar.
Serangan Jepang ke Pearl Harbour dibagi menjadi beberapa gelombang hingga akhirnya hampir semua kapal dan pesawat Amerika hancur lebur dan hanya menyisakan bangkai bangkainya saja.
Mendengar serangan tersebut Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt menyatakan perang terhadap Jepang dan sekaligus memulai kampanye militer di bumi asia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar