Sabtu, 30 Oktober 2010

Pertempuran Bulge

     Pertempuran ini dimualai pada 16 Desember -24 Desember 1944 antara pihak sekutu yang dipimpin Letjen Omar Bradley dan George S. Patton lalu dari pihan Nazi dipimpin oleh Josef “Sepp” Dietrich dan Jendrel Hasso Von Manteuffel. Pertempuran ini dimulai dengan kekalahan pihak Nazi di Normandia dan disusul masuknya Sekutu ke Perancis, maka dari itu Hitler selaku pemimpin Nazi menjalankan suatu operasi nekat yang dijuluki Pengawasan Rhein yang isinya adalah untuk merebut garis depan barat Nazi. Dari pihak Nazi mengerahkan sebanyak 200.000 prajurit reguler ,Waffen SS yang bersenjata Stg 44, Mp 40, Geweherl, Mauser dan Mg 42 tak ketinggalan juga tank-tank kebanggaan Nazi seperti Panzer IV dan Tiger Tank hadir dalam Pertempuran Bulge tersebut.

    Pertempuran ini dimulai pada 16 Desember 1944 dengan penyerangan dari regu sniper dan meriam nazi kepada pihak sekutu dan Nazi hanya dapat bergerak maju sejauh 48 kilometer, lalu Otto Skorzeny dengan anakbuahnya bertugas meyusupkan sebayak 24 prajurit ke pihak Sekutu dengan satu tujuan yaitu untuk menyabotase para prajurit Sekutu namun, usaha Skorzeny gagal karena tingkat kewaspadaan prajurit Sekutu yang tinggi dan akhirnya ke 24 pasukan Skorzeny tersebut dapat ditangkap pasukan Sekutu.
18 – 19 Desember Peiper dari pihak Nazi melakukan pembalasan dengan menyerang persediaan pasokan bahan bakar Seutu namun gagal karena jembatan yang digunakan untuk janalan bagi tank-tank Nazi dihancurkan Sekutu.

    Para Jendral Sekutu menyadari pentingnya sebuah Kota Kecil Bastogne karena persimpangannya yang menghubungkan jalur persediaan dari timur ke barat, Pertempuran antara pihak Nazi dan Sekutu dalam merebut Kota Bastogne sangat sengit dan akhirnya seluruh pasukan Nazi dapat terkalahkan , ada yang menyerah kepada pihak Sekutu , Bunuh diri atau tewas ditembak senapan M 1 Garand Sekutu dalam pertempuran Bulge ini yang menyebabkan kalahnya prajurit Nazi adalah rendahnya semangat juang para prajurit dan kurangnya persediaan makanan dan amunisi karena cuaca yang terjadi pada pertempuran Bulge ini buruk sehingga pesawat logistic Nazi tak dapat lepas landas.

1 komentar:

  1. ? bukannya gra2 cuaca buruk malah menguntungkan nazi. jd pesawat2 sekutu ga bisa berak(bombing) krna supermasi udara ad disekutu??????

    BalasHapus